Tips Aman Belanja Online - BATRAZONE

Latest

Blog Pendidikan, Tips dan Trik

BANNER 728X90

Friday 19 June 2015

Tips Aman Belanja Online

Yap belanja online memang sedang menjadi tren belakangan ini, dengan banyak munculnya website toko online seperti Lazada, Tokopedia, Olx, Buka Lapak dan yang lain-lainnya. Selain melalui website-website tersebut banyak seller yang mempromosikan barangnya melalui Facebook, Instagram, maupun Twitter. 

Namun seiring dengan berkembangnya belanja online atau online shoping tersebut muncul modus kejahatan baru yaitu penipuan pada online shoping. Alhasil, bukannya mendapatkan barang idaman kita, malah kita seperti menyumbangkan uang secara percuma kepada penipu tersebut.


Tapi anda tak perlu takut belanja online. Berikut saya share tips agar belanja online menyenangkan dan aman :

1. Simpan kontak yang bisa dihubungi
Biasanya pada halaman facebook si seller akan diisi contact personnya, nah cari dan catat nomor telepon, kontak bbm atau yang lainnya. Seller yang sudah berpengalaman dan terpercaya biasanya akan mengupdate stok dagangannya secara berkala melalui BC (Broadcast) pada semua kontak BBM nya. Dan biasanya seller yg terpercaya akan membalas setiap pertanyaan anda sesegera mungkin.

2. Hubungi penjual/seller
Cobalah untuk berkomunikasi dengan seller (seperti kita berkomunikasi dengan gebetan dulu *ehh XD). Dari percakapan tanya jawab dengan seller, bisa dilihat apakah si seller ini penjual yg kredibel atau tidak. Misalnya kalau anda bertanya pada siang hari namun dibalas besoknya, keabsahan seller patut dipertanyakan.

3. Cek halaman facebook seller
Selain mengupdate stok dagangannya melalui pesan, biasanya penjual juga mengupdate melalui halaman facebook ataupun akun facebooknya. Jika akun facebooknya terliat tak terurus seperti pos terakir 3 bulan yang lalu hal itu patut dipertanyakan.

4. Jangan tergiur dengan harga murah
Cek pada website ataupun pada seller lainnya apakah harga yg ditawarkan masih wajar atau tidak. Biasanya kan orang Indonesia kalau liat harga murah pasti langsung tertarik :D termasuk saya sendiri sihh XD.

5. Testimonial
Seller biasanya akan mengupload testimonial dari pelanggannya pada akun facebooknya. Banyaknya testimonial menandakan bahwa seller ini sudah berpengalaman.

6. No. Resi pengiriman barang
Seller biasanya akan memberi kita nomor resi pengiriman misalnya pengiriman melalui JNE dengan no resi cgkzb00102014140 agar memudahkan kita memantau proses pengiriman barang atau sudah sampai manakah barang kita. Hal itu bisa di cek pada website resmi JNE.

7. Simpan Bukti Transaksi
Simpan bukti transfer, rincian produk yang anda pesan, bukti percakapan dan bukti transaksi lainnya.

8. Lakukuan COD (Cash on Delivery)
Jika anda tinggal satu kota dengan si seller maka lebih baik melakukan COD. Misalnya janjian pada suatu tempat. Seller membawa barang yang anda pesan sedangkan anda membawa uang untuk pembayaran produk tersebut. Hal ini akan menghindarkan anda dari penipuan. Ada Barang Ada Uang!

Yoii selamat berbelanja online sobat.
Rekomendasi Online Shop terpercaya : No. telp. : 082110998370  Pin: 239ed075
Menjual Jersey Bola, saya sudah langganan sini gan. J 100% Jujur.

14 comments:

  1. Berguna juga nih bro tips belanja onlinenya

    ReplyDelete
  2. Berguna juga nih bro tips belanja onlinenya

    ReplyDelete
  3. Tipsnya berguna nih gan, buat ane yang kadang belanja online

    ReplyDelete
  4. nice infonya, soalnya sering terjadi penipuan
    Nurcahyaningati

    ReplyDelete
  5. bisa gua kasih sodara gua nih, soalnya dia mao buat toko inline . izin bookmark dulu broo

    ReplyDelete
  6. Wah postingannya berguna sekali untuk orang yang awam mas :) Terimakasih infonya mas :)

    ReplyDelete
  7. very good gan. www.kuramaabadi.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. berguna banget nih buat ane :) soalnya ane sering belanja online
    Mampir Dulu Gan http://candrew04.blogspot.com/

    ReplyDelete