Tips Belajar Efektif - BATRAZONE

Latest

Blog Pendidikan, Tips dan Trik

BANNER 728X90

Saturday 5 September 2015

Tips Belajar Efektif

Tips Belajar Efektif
Keberhasilan yang ingin dicapai tentunya butuh waktu, tak terkecuali keberhasilan dalam proses belajar, bila ingin proses belajar kita berhasil maka perlu membuat strategi belajar yang efektif agar proses belajar itu menyenangkan bukan membosankan. Tidak semua orang memiliki metode belajar efektif yang sama dengan yang lainnya. Namun ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk belajar yang lebih efektif untuk menyerap ilmu. Apa sajakah tips tersebut?




1. Atur Ruang atau Tempat Belajar

Tips Belajar Efektif


Kenyamanan ruang belajar dapat membuat suasana belajar kita menjadi enak dan menyenangkan. Singkirkan telepon serta benda lainnya yang tidak berhubungan dengan aktivitas belajar. Salah satu penyebab gagalnya proses belajar adalah banyaknya hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian anda misalnya saja handphone dan televisi. Jika benda pengalih perhatian itu dijauhkan dari jangkauan, maka anda akan lebih focus pada proses belajar dan menyerap lebih banyak materi.



2. Rangkum Materi Pokok

Setiap mata pelajaran pasti berisikan materi pokok, Nah cari dan ringkaslah materi pokok tersebut. Dengan itu akan memudahkan kita unuk memahami keseluruhan materi pelajaran. Buatlah ringkasan tersebut semenarik mungkin agar lebih mudah memahami materi pelajaran.

3. Sering Tapi Jangan Lama

Dalam pola belajar ideal, anda tidak boleh menghadapi buku terlalu lama tanpa diselingi aktivitas apapun. Cobalah untuk beristirahat dan memberikan jeda antara 15 sampai 30 menit setiap kali anda belajar selama 45 menit. Hal ini terbukti lebih efektif daripada belajar 2 jam secara berturut-turut tanpa jeda sama sekali. Atau dengan membut jadwal belajar seperti Pagi 45 menit, Siang 45 menit, Sore 30 menit dan malam 1 jam.

4. Makan Camilan

Makan makanan ringan (cemilan) sepanjang tidak membuat kita terlalu kenyang terbukti ampuh meningkatkan daya konsentrasi. Oleh karena itu, selalu sediakan snack dan berbagai makanan ringan untuk menemani anda belajar. Ketika merasa mulai bosan dan konsentrasi menurun, ambilah cemilan dan luangkan waktu 1-2 menit untuk menyantapnya. Setelah selesai, anda pasti akan merasa lebih fresh dan konsentrasi anda untuk belajar kembali.

5. Minum Air Putih

Fungsi alami air putih yaitu membuat tubuh menjadi segar, apalagi setelah lama berkonsentrasi belajar. Sediakan minimal segelas air putih saat anda belajar. Saat anda mulai konsentrasi buyar, bosan, minumlah segelas air putih. Maka tubuh anda akan menjadi segar kembali dan konsentrasi pun kembali pulih.

6. Mengerti Bukan Menghafal

Menghafal belum tentu anda mengerti, mengerti pasti akan paham. Ini yang akan membantu anda menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-putar, Anda pasti bisa jawab. Memang beberapa mata pelajaran memang butuh hafalan. Misalnya saja tanggal bersejarah atau nama-nama tokoh. Kuncinya, baca berulang-ulang, hafalan itu bakal melekat di ingatan dengan sendirinya.

7. Belajar Sambil Mendengarkan Musik

Tips Belajar Efektif


Ada yang bilang kalau belajar sambil mendengarkan music membuat pikiran kita menjadi jernih. Menurut saya sih begitu, tapi putrlah lagu pop/ lagu kesukaan anda, hindari memutar lagu galau ataupun instrumental (ini akan membuat anda ngantuk dan tertidur :D) jangan juga memutar lagu rock ini malahan bisa membuat konsentrasi anda buyar.



8. Disiplin dan Rutin Belajar

Disiplin dan rutin belajar salah satu kunci berhasil atau tidaknya segala sesuatu. Tanpa adanya sebuah kedisiplinan, sepertinya mustahil untuk mencapai hasil yang maksimal. Aturlah belajar anda dan jalankanlah apa yang sudah anda rencanakan dengan disiplin.

9. Belajar Kelompok

Tips Belajar Efektif


Kelebihan dari metode ini adalah anda dapat mendiskusikan suatu materi. Anda bisa bertukar pendapat, bertanya jawab atau bahkan saling mengajari untuk memecahkan soal-soal tertentu.


Tapi belajar kelompok akan sama sekali tidak berguna apabila orang-orang di dalamnya tidak fokus dengan materi pelajaran di dalamnya. Biasakan juga untuk tidak bergantung pada satu orang tertentu dalam menjawab soal-soal saat belajar kelompok.





15 comments:

  1. Kayanya susah diterapin sama anak jaman sekarang. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapp, kenyataannya emang seperti itu, gravitasi smartphone lebih kuat dripada buku :D

      Delete
  2. Kalau belajarnya gitu sih jadi enak tapi kalau berkelompok nantinya malah jadi main bukannya belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. realitanya sih gitu kalau kerja kelompok ya :v saya mah sering ngalamin xD

      Delete
  3. punya saya tempat belajarnya campur denagn kamar tidur gan, jadi ini yang membuat tidak bisa fokus, kalo mau belajar sambil tiduran.

    ReplyDelete
  4. wah saya baru tamat tahun ini rbro jadi gak belajar dulu tpi artikelnya cukup bermanfaat bro

    ReplyDelete
  5. belajar sambil mendengarkan musik malah jadi tambah bingung.

    ReplyDelete
  6. kalau ane belajar sambil dengerin musik gan nambah semangat hhe

    ReplyDelete
  7. susah diterapkan sama anak" jaman sekarang yang sudah terbiasa apa" gampang mudah tanpa usaha yang lebih

    ReplyDelete
  8. Kalo saya sih lebih senang belajar sambil dengerin musik

    ReplyDelete